Minggu, 11 Desember 2011

Tanah Longsor Lukai Warga


PASURUAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Dsn Rojopasang, Desa Gerbo, Kec Purwodadi, Kab Pasuruan pada Sabtu (10/12) sore kemarin mengakibatkan sebuah tebing di Desa Gerbo, Kec Purwodadi, Kab Pasuruan longsor.

Akibatnya, sebuah rumah roboh tertimbun longsoran tanah dan kaki kanan seorang warga patah serta sepasang suami istri (pasutri) dan seorang anak perempuannya menderita luka ringan setelah diterjang tanah longsor.

Korban patah kaki bernama Suliyati (27) saat ini dirawat di Puskemas Purwodadi, sedangkan korban pasutri masing-masing bernama supardi (45), Rukiyani (43) dan anaknya bernama Indah (12), menderita lecet pada sebagian tubuh dan tangan.

Dari informasi diketahui peristiwa tersebut terjadi di tengah guyuran hujan deras sekitar pukul 16.30 WIB.

Sebelum peristiwa longsoran, dari penuturan diketahui bahwa Suliyati sebelumnya hendak mengambil buah jeruk yang ditanam tidak jauh dari rumah Supardi.

Seperti biasanya, Suliyati kemudian mampir ke rumah Supardi dan mendapati keluarga itu tengah asik bercengkrama dan menghangatkan diri di dalam dapur rumah semi permanen terbuat dari anyaman bambu itu.

Suliyati yang mengetahui ada ancaman longsoran di belakang rumah itu, memperingatkan keluarga Supardi untuk menjauhi dapur.

Keempat orang yang ada di dalam dapur itu pun pindah ke ruang depan dan Suliyati berpamitan untuk kembali pulang. Namun, belum sempat Suliyati keluar, tiba-tiba rumah ambruk tertimbun longsoran sebuah ‘barongan’ bambu yang berdiri di atas tanah tebing bersama matrial tanah lainnya hingga melukai mereka.

Kepala BPBD Kab Pasuruan, Yudha Tri Widya Sasongko, menuturkan bahwa pihaknya masih melakukan upaya rehabilitasi terhadap rumah maupun para korban dan melakukan pendataan kerugian akibat tanah longsor.

Dari pantauan di lapangan, kondisi sebuah rumah milik seorang nenek bernama Wastiah, di Dsn jajang kulon, Desa Gerbo, Kec Purwodadi memperihatinkan dan terancam ambruk.

Pasalnya, tanah yang menopang pondasi rumah semi permanen nenek Wastiah mengalami longsor terlebih saat hujan deras. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...