Selasa, 21 Juni 2011

Geger Jenglot


Mas Anom bersama Jenglot yang ditemukannya.
PASURUAN – Warga Kecamatan Nguling, Kab Pasuruan, digemparkan dengan ditemukannya jenglot oleh seorang warga di Dusun Kapur, Desa Sudimulyo, Kec Nguling, bernama Mas Anom Sugiyo (27), akhir Mei lalu.

Jenglot tersebut didaperoleh saat tirakat di sebuah pemakaman Buyut Boto Suro yang lokasinya sekitar 100 meter di belakang rumahnya. Anom Sugiyo waktu itu bersama dengan enam orang temannya sengaja tirakat ke pemakaman Buyut Boto Suro untuk ‘memburu’ benda-benda pusaka dari alam ghaib.

“Dari kabar yang berkembang, katanya di makam Buyut Boto Suro itu banyak pusaka. Saya coba-coba, kok malah dapat ini. Kalau saya sih menganggapnya genderuwo, tapi orang lain menganggapnya jenglot,” terang Mas Anom Sugiyo, di rumahnya, Senin (20/6).

Jenglot ini bentuknya seperti manusia kecil, dengan ukuran sekitar 15 sentimeter, berwarna coklat gelap, dan sepintas terbuat dari kayu kering yang sangat tua.

Layaknya manusia, jenglot ini juga memiliki anggota badan lengkap, seperti kepala, tangan dan kaki.

Sekilas wajahnya mirip kelelawar dengan dua gigi ‘siung’ berada di luar mulutnya, rambut panjang menempel kaku mulai dari kepala hingga ujung kaki dan kedua tangannya bersedekap tertutup kuku panjang. Selain itu, pada jenglot terlihat juga terdapat alat kelamin seperti milik seorang laki-laki.

“Ibu saya pernah mendengar ada orang tidur mendengkur saat malam hari. Waktu dicari, ternyata suara dengkur itu dari benda (jenglot) ini,” ujar Mas Anom.

Karena kejadian itu, sejumlah anggota keluarganya sempat ketakutan, sehingga jenglot sebelumnya diletakkan begitu saja dalam kotak, akhirnya dibungkus dengan kain putih.

Mas Anom yang bekerja sebagai Staff di UPTD Pasar Grati, Kab Pasuruan tersebut, juga mendapat benda pusaka lain yang juga diburu selama satu pekan dengan tirakat di makam Buyut Boto Soro.

Berbagai pusaka ghaib pun berhasil didapatkan, seperti wesi kuning dalam kepompong; cemeti sapu jagat, berbentuk besi besi kecil; minyak dan mustika duyung; batu akik pirus urat emas; kol buntek, berbentuk keong; serta stambul (Al Quran berukuran se-ibu jari).

Mas anom menguraikan pusaka tersebut dipercaya memiliki beragam keistimewaan. Seperti jenglot dapat digunakan untuk pesugihan, besi kuning dan kol buntek untuk kekuatan, minyak dan mustika duyung untuk pengasihan, serta stambul untuk kesaktian.

Bahkan saat itu juga dipraktikkan dengan membakar wadah stambul yang sepertinya terbuat dari potongan kain dengan sebuah korek gas. ternyata potongan pembungkus tersebut, tidak terbakar.

“Jika ada yang berminat dengan benda-benda ini, saya persilahkan saja untuk memilikinya,” kata Mas Anom yang mengaku pusakanya berupa keris lekuk 11 dari jaman Mojopahit, pernah dibeli Sri Mulyani, Mantan Menkeu RI yang saat ini menjadi Direktur IMF.

Alasan Mas Anom Sugiyo melakukan tirakatan di makam Buyut Boto Suro, lantaran merasa sebagai anak turun dari tokoh babad desa di wilayah Nguling.

Masyarakat setempat memahami Buyut Boto Suro adalah seorang tokoh panglima Kerajaan Mataram kala itu, yang melarikan diri dari kejaran Belanda bersama seorang tokoh atau Panglima Kerajaan Mataram lainnya, yakni Trohpati.

Makam Trohpati sendiri juga berada tidak jauh dari makam Buyut Boto Suro.

“Keberadaan Buyut Boto Suro dan Trohpati tersebut juga pernah dilacak oleh Kesultanan Yogyakarta,” terang Joko S, kakak Mas Anom Sugiyo.

Dalam pelariannya itu, Trohpati dan Buyut Boto Suro, membawa sejumlah pusaka Kerajaan Mataram.

Trohpati membawa pusaka berupa Bende Mataram dan keris Nogo Sosro Sabuk Inten. Sedangkan Buyut Boto Suro membawa kotak yang didalamnya berisi minyak, sopak, kebo dungkul (seperti batu-batu kecil) dan bintang lambang kerajaan. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...