Senin, 27 Desember 2010

Melirik Usaha Ayam Cemani

Keunikan ayam Cemani, menjadi usaha alternatif nan menggiurkan.

PASURUAN – Bisnis usaha budidaya ayam, sudah jamak kita jumpai, namun, bagaimana dengan bisnis ayam Cemani?.

Barangkali bisnis yang satu ini layak juga untuk dilirik, pasalnya, meskipun disebut sama-sama ras ayam, akan tetapi jenis ayam Cemani memiliki keunikan tersendiri.

Secara kasat mata ayam Cemani sepertinya mudah sekali dibedakan. Struktur tubuhnya hampir sama dengan ayam-ayam kampung pada umumnya. Akan tetapi bulu pada sekujur tubuh ayam Cemani berwarna hitam pekat.

Selain bulu, warna hitam juga menyebar dari jengger, mata, paruh, kulit muka, kaki, kuku sampai ke rongga mulut dan lubang dubur, bahkan darah Cemani juga berwarna hitam.

Warna khas cemani itulah yang menjadi daya tarik dan memiliki nilai tinggi hingga puluhan juta rupiah per ekornya.

Di sisi lain, ada anggapan maupun kepercayaan yang saat ini tetap berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Ayam Cemani secara ‘mistis’ dianggap ‘afdhol’ digunakan sebagai sarana sesajian dalam beragam ritual upacara tertentu. Selain itu Cemani juga dipercaya dapat menjadi obat alternatif cukup ampuh untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Keunikan-keunikan itulah yang dapat digunakan sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Seperti yang dilakoni oleh salah seorang peternak ayam cemani, Ponadi (45), asal Desa Sengon Agung, Kec Purwosari, Kab Pasuruan.

Ponadi, yang sebelumnya berprofesi sebagai kondektur bus dengan penghasilan pas-pasan serta tidak menentu kala itu, membuatnya harus memutar otak mencari jalan keluar memperbaiki ekonominya, dan kemudian menemukan usaha unik, berternak ayam Cemani.

Saat ini, Ia telah berhasil mengembangkan budidaya ayam cemani hingga mampu memenuhi kebutuhan hidup istri dan seorang anaknya.

Mulanya, Ponadi memiliki ayam Cemani hanya satu pasang saja, yang ditebus dari seorang rekan dengan harga sekitar Rp 15 juta.

Kemudian buah dari ketekunannya, lambat laun Cemani miliknya berhasil dikembangkbiakkan hingga sekarang telah mencapai lebih dari 60 ekor.

Peternak Cemani yang memiliki tubuh gempal ini mampu bertahan lantaran memiliki pelanggan tetap dari para penghobi Cemani yang tersebar seantero nusantara bahkan mancanegara.

Selain para hobies, saat ini Cemani miliknya, banyak diburu untuk digunakan keperluan penyembuhan atau obat alternatif sejumlah penyakit, serta sarana sesajian ritual tertentu.

Setidaknya dalam satu bulan, Ponadi berhasil menjual rata-rata 2 ekor Cemani dengan nilai belasan juta rupiah.

“Umumnya warga keturunan China, mencari cemani untuk digunakan sebagai obat atau sajen,” terang Ponadi.

Untuk keperluan ritual, menurut Ponadi, ayam cemani yang dicari, biasanya masih berumur 2 bulan dengan bandrol harga berkisar Rp 6 juta hingga Rp 7 juta.

Namun, dijelaskan juga, di pasaran, untuk harga setiap ekor ayam Cemani dewasa super, pembeli harus rela merogoh kocek hingga mencapai Rp 50 juta.

Bahkan untuk satu biji telur Cemani, harga yang dipatok juga cukup fantastis yakni sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Pemeliharaan ayam cemani menurut Ponadi sebenarnya cukup sederhana, karena hanya dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan.

Namun, agar menjadi pilihan super, dalam budidaya ayam cemani yang perlu diperhatikan adalah pemberian asupan makanan serta suplemen khusus, terutama pemberian vaksin yang sesuai dan teratur agar ayam cemani sehat.

“Warna hitam mulus dan darah ayam hitam legam itu tanda jika ayam berhasil,” pungkas Ponadi.

Nah, barangkali bagi para pemodal dan penghobi ayam, budidaya ayam Cemani unik ini bisa menjadi alternatif usaha karena hasil yang diperoleh cukup menggiurkan. tj

6 komentar:

  1. wah - - - aq kt pesen rek - - - gawe golek pesugihan - - - kwak kwak kwak

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
  2. tjak_adi : aq lek off - - - mlaku2 karo aq yo ji - - - golek pitik sing mulus - - - hahaha

    BalasHapus
  3. siap tjak adi... pitik sing mulus iku sing yo opo?? wkwkwkwk

    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...