Selasa, 13 Desember 2011

Anggota Dewan Makelari Proyek


PASURUAN - Anggota Fraksi PPP, DPRD Kota Pasuruan, Ubaidillah diduga mengambil keuntungan pribadi memanfaatkan jabatannya, setelah dilaporkan memakelari proyek fisik kepada seorang kontraktor, bernama Rosmita, warga Perum Bugul Permai Kecamatan Bugul Kidul.

Ubaidillah sebelumnya memberikan iming-iming kepada Rosmita untuk mendapat pengerjaan dua proyek gorong-gorong. Sebagai jaminan, ia meminta bayaran kepada Rosminta sebesar Rp10 juta.

Namun proyek tidak didapatkan malah uang yang diberikan kepada Ubaidillah yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi II yang membidangi masalah perekomian itu amblas. Karena kesal menagih janji palsunya, Rosmita akhirnya meminta kembali uang yang dibayarkan pada bulan Mei itu.

"Uang itu saya berikan diawal perjanjian. Tapi, pekerjaan gorong-gorong yang dijanjikan tidak saya dapatkan," ujar Rosmita di gedung DPRD Kota Pasuruan.

Menurutnya, peristiwa itu bermula ketika ia bertemu Ubaidillah dalam sebuah kesempatan, dan selanjutnya ia dijanjikan dua item pengerjaan ‘jatah’ proyek di daerah pemilihan Ubaidillah di Gading Rejo.

Proyek tersebut diberikan kepada Rosmita, asalkan fee proyek diberikan terlebih dahulu.

"Proyek tersebut ternyata tidak ada. Upaya mediasi dan melapor pada Badan Kehormatan sudah kami tempuh. Tapi tetap tidak ada tanggapan serius," tandas Hartono, aktivis LSM mendampingi Rosmita.

Ubaidillah belum berhasil dikonfirmasi karena saat ini masih menjalani kunjungan kerja di luar propinsi. Namun dalam surat pernyataan diatas kertas bermaterai cukup, ia menyatakan kesanggupan mengangsur uang Rosmita yang diakui sebesar Rp 8 juta disaksikan Zainul Arifin, Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan.

Dalam pernyataan itu, Ubaidillah akan melakukan pengembalian uang dari honornya setiap selesai mengikuti kegiatan dewan.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki menyatakan bahwa persoalan tersebut merupakan urusan pribadi yang tidak ada sangkut paut dengan tugas dan tanggung jawab kelembagaan DPRD. Pihaknya menghimbau agar persoalan tersebut segera diselesaikan secara kekeluargaan. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...