Rabu, 20 Oktober 2010

Jumlah Penduduk Kab Pasuruan Ranking 6 Di Jatim




Urip Supriyanto, Kepala BPS Kab Pasuruan.
PASURUAN - Jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan selama kurun 2000 - 2010, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 1.510.261 jiwa meningkat sebanyak 143. 656 jiwa dibanding tahun 2000 yakni sebesar 1.366.605 jiwa. 

Jumlah ini terkategori sangat tinggi di atas rata-rata propinsi, dengan menduduki peringkat ke-6 di tingkat Propinsi Jawa timur, dibawah Surabaya, Malang, Jember, Sidoarjo dan Banyuwangi. Jawa timur sendiri jumlah penduduknya tercatat sebanyak 37.476.011 jiwa.

Meskipun demikian, Kepala BPS Kab Pasuruan, Ir. Urip Supriyanto, mengungkapkan bahwa laju pertumbuhan penduduk per tahun dalam periode ini mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan priode 1990 - 2000. 



Saat ini rata-rata laju pertumbuhan hanya 1 %, lebih kecil jika dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 3.98 % per tahun.

Dari peningkatan itu, Pasuruan wilayah barat yakni Kecamatan Gempol menempati urutan teratas dari priode sebelumnya yang hanya 108.171, pada 10 tahun terakhir ini meningkat menjadi 123.202 jiwa. Sedangkan, pertumbuhan penduduk terendah terjadi di daerah Kecamatan Tosari yang meningkat sekitar 1.066 jiwa menjadi 18.481 pada 2010 ini.

Namun, BPS masih belum mengetahui faktor-faktor yang dapat menentukan terjadinya peningkatan penduduk. Pihaknya hingga kini masih melakukan telaah dan analisis terkait lonjakan angka penduduk saat ini apakah terjadi akibat peningkatan kelahiran atau banyaknya masyarakat urban yang bermukim di wilayah Kab Pasuruan.

"Pertumbuhan rata-rata 1 persen saat ini relatif tinggi. Dan faktor-faktor lonjakan ini kan dipengaruhi 4 hal yakni lahir, mati, datang dan pergi. kami belum tahu secara detail merinci faktor tersebut menjadi angka." ungkap Urip Supriyanto, Kepala BPS Kab Pasuruan, saat ditemui di sela-sela acara sosialisasi kependudukan menyambut hari Statistik Dunia, di sebuah hotel di Kota Pasuruan. Rabu (20/10).

Ia melanjutkan kemungkinan informasi secara terperinci terkait faktor lonjakan ini serta jumlah peningkatan masyarakat miskin di wilayah kab Pasuruan dapat diperoleh pada akhir tahun ini. 

Sementara, dari angka 1.510.261 jiwa penduduk Kab Pasuruan, perbandingan jumlah laki-laki dengan perempuan tidak banyak berubah sebesar 97,96 pada tahun 2000 dan 97,97 pada tahun 2010. sedikit lebih banyak jumlah penduduk perempuan dibanding jumlah penduduk laki-laki.

Secara menyeluruh, kepadatan penduduk tahun ini mencapai rata-rata 1.205 jiwa per Km2, meningkat cukup signifikan dibanding tahun 2000 sebesar 927 jiwa per Km2. Dari angka tersebut kepadatan tertinggi berada di wilayah kecamatan Pandaan sebesar 2.430 jiwa per Km2 dan kepadatan terendah pada daerah kecamatan Tosari yakni sebesar 189 jiwa per Km2. tj

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...