Selasa, 05 Juli 2011

Pengrajin Tapal Kuda, Bertahan Meski Tergerus Jaman


Taman, pengrajin tapal yang masih bertahan.

PASURUAN – Sarana transportasi saat ini kian modern dan berkembang pesat, seperti sepeda motor dan mobil maupun sarana transportasi umum lainnya.

Namun, dokar, alat transportasi ‘kuno’ dengan kuda sebagai penariknya ternyata masih menjadi pilihan khususnya masyarakat di pinggiran perkotaan atau pelosok desa.
Seperti diketahui, agar kuda mampu menarik dokar tentu harus memiliki sepasang sepatu atau tapal kuda.

Nah, seorang pengrajin tapal kuda bernama Taman (45), warga Dsn Ngemplak, Ds Tanjung Arum, Kec Sukorejo, Kab Pasuruan, tetap bertahan membuat dan memasang sepatu kuda.

Di temui di bengkel tapal kuda miliknya, di Dsn Jabon, Desa Jogosari, Kec Pandaan, Taman, siang itu terlihat tengah beristirahat dan duduk santai bersama dua orang lainnya, setelah sebelumnya mendapat pesanan sepasang tapal kuda dari seorang pemilik dokar.

Setelah itu, sambil mempersilahkan duduk di sebuah bangku kayu panjang, Taman pun menawarkan rokok bungkus hijau miliknya yang telah terbuka.

Laki-laki dengan kumis tebal ini, hanya tersenyum saat ditanyakan alasan tetap bertahan sebagai pengrajin tapal, meskipun memahami bahwa sarana transportasi tradisional ini dianggap telah tergilas jaman.

“Saya tetap bertahan (sebagai pengrajin tapal kuda), ya karena njaga tradisi,” ujar Taman tersenyum sambil mengusap kumis lebatnya.

Keahliannya membuat dan memasang tapal kuda tersebut, diakui hasil bimbingan dari pendahulunya bernama Mudjiono (65) yang hampir satu tahun ini pensiun sebagai pengrajin tapal.

Perjalanan Taman menggeluti usaha hingga menjadi seorang ahli tapal kuda terbilang cukup panjang, pada 30 tahun lalu sejak usianya masih 15 tahun.

Waktu itu, Taman muda selama lima tahun membantu di sebuah bengkel tapal kuda (pande) di wilayah Kec Sukorejo, kemudian berpindah ke bengkel milik Mudjiono.

Selama 25 tahun, laki-laki dengan dua anak dari istrinya Musrifah (40) itu, rela menjadi pembantu dan menyerap ilmu Mudjiono hingga saat ini mewarisi bengkel pande tapal kuda yang sebelumnya dimiliki Mudjiono.

Saat ini Taman dibantu dua orang pembantunya yaitu Munir (40) dan Banun (43), tetap tekun meskipun dengan pendapatan kotor, rata-rata sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu.

Penghasilan sebesar itu masih belum dipotong dengan biaya pengeluaran bahan-bahan seperti besi beton berukuran 12 mm dan bahan baker arang yang digunakan untuk memanaskan besi sehingga dapat dibentuk menjadi tapal kuda.

Taman ternyata cukup ahli soal tapal kuda. Hal itu terbukti saat seorang pemilik dokar meminta jasanya untuk mengganti sepatu kuda yang sudah waktunya diganti.

Prosesnya pun terbilang cukup singkat hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit, sepasang sepatu besi menyerupai huruf U itu sudah terpasang rapi di kuda milik pelanggannya.

Padahal proses pembuatan terbilang cukup sulit. Mulai dari lonjoran besi beton dipotong, dipanaskan dengan blower sederhana dan dibentuk menjadi tapal atau ladam.

Namun, Taman dengan dua pekerjanya cukup cekatan sampai pada pemasangan tapal ke kaki-kaki kuda.
Tidak jarang juga Taman terkena sentilan kaki kuda yang hingga lebam di sebagian tubuhnya.

“Kena kaki kuda sudah lumrah, resiko pekerjaan. Tapi sekarang saya jarang kepukul kaki kuda, kalau dulu waktu masih belajar sering kesakitan,” urai Taman tetap tersenyum.

Harga yang dipatok kepada para pelanggan atau pemilik kuda sebesar Rp 40 ribu rupaih tiap set, yang berjumlah 4 buah tapal kuda.

Meski tidak sebanding dengan hasil diperoleh, Taman menegaskan akan terus sebagai pengrajin tapal kuda. Meskipun sarana transportasi kian maju, namun ia yakin kuda akan tetap bertahan. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...