Senin, 31 Oktober 2011

Sapi Qurban Presiden SBY

PASURUAN – Untuk kali kedua, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), membeli sapi qurban untuk disembelih pada perayaan Idul Adha tahun ini, dari seorang peternak di kota pasuruan. Tidak tanggung-tanggung sapi SBY tersebut, beratnya lebih 1,4 ton, tinggi 180 Cm dan panjang 285 Cm, berusia sekitar 4 tahun.

Sapi super tersebut milik Suhadi, peternak sapi asal Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Diperkirakan pada hari Rabu (2/11) besok, sudah tiba di Istana Presiden, untuk persiapan perayaan hari raya idul adha.

Dituturkan, SBY kembali membeli sapi ini, karena Suhadi mampu memenuhi kriteria yang diinginkan presiden, seperti kesehatan tubuh maupun harga sapi.

Tidak seperti sebelumnya, jika tahun lalu sapi qurban untuk istana berjenis Limousin dengan berat sekitar 1,2 ton, tapi kali ini, sapi yang yang diberi nama ‘Rambo 2’ ini dipilih berjenis Simental.

Suhadi tidak memberikan penjelasan tentang harga Rambo, namun demikian, rupiah yang bakal diterima suhadi dari Presiden SBY diperkirakan lebih dari Rp 50 juta.

“Kalau harga, pokoknya membahagiakan peternaknya,” kata Suhadi, sambil tersenyum.

Suhadi sengaja mempersiapkan sapi ini, hampir tiga tahun lalu, sejak Rambo masih berusia kurang dari 1,5 tahun, yang dibeli dari seseorang di wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Untuk bisa mendapatkan sapi seberat 1,4 ton lebih, dikatakan tidaklah mudah. Pasalnya tidak semua sapi bisa mencapai hingga berat 1,4 ton, tergantung gen indukannya dan perawatannya.

Lantaran dipersiapkan untuk seorang presiden, pola perawatannya pun selama ini bisa dibilang cukup istimewa.

Tidak mau kalah dengan manusia, setiap hari, Rambo dimandikan setidaknya dua kali pada pagi dan sore hari.

Makanan Rambo juga tidak sembarangan, hanya diberikan konsentrat dan rumput khusus yang diberikan dua kali dalam satu hari.

Untuk makanan harian ini, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu.

Selain kepada presiden, Suhadi saat ini mempersipkan sekitar 27 ekor sapi dengan bentuk dan bobot super, baik jenis Limousin maupun Simental, untuk menyuplai kebutuhan hewan qurban sejumlah pejabat seperti bupati dan pejabat tinggi lainnya. tj

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...