Senin, 25 Juli 2011

Dugaan Pengkondisian Proyek Antara LSM Dan Kontraktor


PASURUAN - Isu pengkodisian sejumlah proyek pembangunan di Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan, sepertinya terbukti. Hal itu terungkap saat belasan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Pengusaha di bidang jasa Kontruksi melakukan pertemuan di sebuah rumah makan terkemuka di wilayah Kec Kraton. Senin (25/7).

Dari pantauan, tatap muka antara LSM dan kontraktor tersebut dilakukan terbuka melingkari meja rumah makan sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, pertemuan kemudian dilanjutkan secara tertutup ke sebuah ruangan khusus di rumah makan berinisial NR itu.

Tampak belasan anggota LSM diantaranya Izul (LIRA Kota Pasuruan), Suyono (Laskar Merah Putih), Mamad (Sapu Jagat), Gunawan (Gantung) dan anggota LSM lainnya, serius berbincang dengan sejumlah pengusaha yang diperkirakan mewakili sebuah asosiasi kontraktor.

Salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya, menyatakan bahwa selain bagi-bagi kue proyek, kuat dugaan pertemuan itu dilakukan agar aktivis LSM yang selama ini terkenal 'cerewet dan kritis' terkait garapan proyek itu, nantinya tidak lagi bersuara.

Namun, secara lebih spesifik, sumber tersebut tidak mengetahui informasi bidang garapan proyek yang akan dikondisikan bersama LSM kali ini.

"Kira-kira garapan tahun 2011 ini, tapi nggak ngerti bentuknya apa," ujar sumber yang juga anggota LSM tersebut di seberang telepon.

Salah satu anggota LSM, Izul, mengaku hanya diundang dan tidak tahu menahu isi materi yang dibahas dalam pertemuan kali ini.

Ia hanya menyebutkan jika pertemuan ini dilakukan dengan sebuah lembaga pembiayaan (Leasing) untuk membahas masalah maraknya kasus sita paksa oleh debt collector kepada konsumen.

Izul mengelak jika pertemuan ini dilakukan terkait pengkondisian proyek pembangunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

"Saya awalnya, juga nggak tahu pertemuan kali ini untuk apa, ternyata membahas masalah prilaku debt collector, Kalo masalah proyek-proyekan saya ini orang Kota (Pasuruan)," Kilah Izul. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...