Jumat, 04 November 2011

PKB Akan Ambil Alih Bupati Pada 2013 Nanti


PASURUAN – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kab Pasuruan pada 2013 nanti, Partai Politik kian gencar melakukan konsolidasi.

Setelah Partai Golkar melakukan konsolidasi, giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kab Pasuruan, mencoba membuat momentum dengan sebuah acara bertajuk Silaturahim dan Halaqah Perempuan Kebangkitan Bangsa, yang digelar di Dusun Susukan Rejo, Kec Pohjentrek, Kab Pasuruan. Jum’at (4/11).

Namun demikian, sejumlah tokoh politik terlihat enggan memberikan penegasannya terkait pencolanan dirinya maju sebagai Bupati Pasuruan nanti.

Seperti pada Irsyad Yusuf, Ketua Tanfidz PKB Kab Pasuruan, yang selama ini disebut-sebut sebagai calon kuat dari PKB Kab Pasuruan untuk maju menjadi Bupati, menyatakan masih menunggu restu para sesepuh dan Kyai.

“Secara pribadi saya siap maju (menjadi calon Bupati), jika Kyai dan Partai memberikan kepercayaan,” ujar Irsyad Yusuf, diplomatis.

Gus Irsyad, panggilan akrab Irsyad Yusuf, melanjutkan bahwa proses internal di PKB Kab Pasuruan terkait agenda-agenda politik penting yang akan dihadapi, tengah berlangsung.

Bahkan, Irsyad masih menggantungkan ‘nasib’ pada agenda Muskercab (Musyawarah Kerja Cabang) PKB Kab Pasuruan pada 25-27 Nopember nanti, untuk membahas berbagai langkah dan keputusan strategis terkait momentum politik seperti Pilkada 2013 dan Pemilu 2014.

Dari penegasan yang disampaikan Gus Irsyad, adik kandung Wagub Jatim, Syaifullah Yusuf ini, bahwa kepastian arah dan keputusan politik pada Pilkada 2013 nanti adalah mengambil alih tampuk kekuasaaan yang sebelumnya dimenangkan Dade Angga bersama Eddy Paripurna melalui kendaraan PDI Perjuangan.

“Muskercab diantaranya sebagai evaluasi kekurangan yang kami alami sebelumnya,” tambah Irsyad.

Dalam agenda Muskercab juga akan ditentukan sejumlah figur calon Bupati yang bakal direkomendasi untuk selanjutnya diteliti tingkat elektabilitasnya melalui sebuah kajian dan survey.

Yang cukup menarik dalam acara halaqah kemarin adalah ujaran Bupati Pasuruan dalam sambutannya yang sepertinya memberikan dukungan kepada Irsyad untuk maju menjadi Bupati mengganti jabatan yang saat ini tengah disandangnya.

“Dilihat dari jalan dan kemampuannya, Gus Irsyad pantas jadi Bupati, tapi harus melalui mekanisme yang jelas” kata Dade Angga, sambil tersenyum dalam sambutannya.

Secara politis Dade juga memberi saran kepada PKB Kab Pasuruan, jika menginginkan kursi nomor satu di Kab Pasuruan harus memiliki strategi bagus, diantaranya menggandeng elemen maupun partai politik lain.

Selain mengambil alih kekuasaan sebagai Bupati Pasuruan, PKB Kab Pasuruan pada Pemilu Legislatif 2014 nanti menentukan target perolehan kursi sebesar 20 kursi dari saat ini yang hanya memperoleh 11 kursi saja.

Target 20 kursi atau sekitar 40 persen suara itu dianggap target rasional, padahal pada Pemilu legislatif tahun 1999 PKB Kab Pasuruan meraup 25 kursi. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...