Senin, 21 November 2011

Aliansi Parpol 'Gurem' Unjuk Gigi


PASURUAN – Kondisi politik Kab Pasuruan, menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2013 nanti kian hari kian menarik. Kali ini Sebanyak 16 partai politik (parpol) di Kab Pasuruan resmi mengikatkan diri dalam Aliansi Nurani Rakyat (Annur). Senin (21/11).

Menariknya lagi, ke 16 parpol tersebut malah unjuk gigi dengan mengusung ketua Partai Hanura Kab Pasuruan, Nafiudin Fadhol, sebagai salah satu kandidat Calon Bupati (Cabup) Pasuruan.

“Tapi jika dari luar ada yang lebih baik, kami akan mengakomodir dan mereka wajib mengikuti proses penjaringan. Namun, Annur tidak akan melamar calon,” kata Nafiudin Fadhol, seusai penanda tanganan kesepakatan aliansi 16 parpol, Senin (21/11).

Sebanyak 16 parpol yang sepakat bergabung dalam Annur tersebut terdiri dari Partai Hanura, Partai Demokrasi Pembaharuan, PBB, PNI Marhaen, Partai Merdeka, Partai Patriot, Partai Pemuda Indonesia, PNBK, PKPB, PSI, Partai Barnas, PNUI, Partai Buruh, PPRN, Partai Republikan, dan PKPI.

Ketua dan Sekretaris 16 parpol tersebut menandatanganii kesepakatan aliansi, di depan Pengacara Indra Bayu SH, bertempat di sebuah rumah makan di daerah Kejayan, Kab Pasuruan.

“Dengan tanda tangan berarti ke 16 parpol sudah terikat dalam satu legalitas dan berkekuatan hukum. Sehingga semuanya harus tetap menjaga komitmen,” tandas Indra Bayu SH.

Dari ke 16 parpol tersebut, hanya Partai Hanura saja yang memiliki kursi di DPRD Kab Pasuruan dengan dua kursi. Sedangkan 15 parpol lainnya adalah partai yang terkategori gurem dan total perolehan suara 16 parpol dalam pemilu legislatif lalu mencapai 12,06 persen.

Nafiudin Fadhol, yang juga Ketua DPC Hanura Kab Pasuruan, terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Annur. Sedangkan M Ridwan, Sekretaris DPC Hanura Kab Pasuruan, terpilih sebagai Ketua Pengurus Harian Annur.

Dengan kekuatan 12,6 persen suara itu, Annur mengaku belum mampu maju dalam pertarungan pilkada nanti. Sehingga agenda ke depan yang mendesak dilakukan adalah melakukan komunikasi politik dengan parpol besar lain.

Diperkirakan Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKNU Kab Pasuruan disebutkan tertarik dan kemungkinan dapat bergabung dengan Annur.

Sementara, M Ridwan, Ketua Harian Annur menyampaikan bahwa aliansi yang dimotori Partai Hanura tersebut, tidak semata-mata untuk kepentingan pemilihan bupati belaka, karena Annur dibentuk untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat Kab Pasuruan.

“Kebetulan saja moment yang terdekat adalah pilbup. Tapi untuk kepentingan masyarakat yang lain, tetap diperjuangkan,” pungkas M Ridwan. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...