Kamis, 05 Mei 2011

Demo Warga Tolak Proyek Taman Wisata Tretes


PASURUAN – Sekitar 300 Warga Kelurahaan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, menggelar aksi demo menolak eksploitasi hutan di kawasan wisata Tretes yang digarap oleh PT Surya Inti (SI). Kamis (5/5).

Warga menuntut kegiatan PT SI dihentikan selamanya, karena pembangunan tersebut dipastikan akan merusak hutan dan mengalihkan fungsi hutan di kawasan Tretes.

“Warga takut bencana seperti longsor akan terjadi jika pembangunan ini tetap dipaksakan,” teriak H. Mustakim, ketua LPM Kelurahan Pecalukan di tengahmassa.

Selain alasan bencana, warga mengungkapkan jika saat ini kondisi hutan di kawasan Tretes telah mengalami penurunan fungsi.

Jika terjadi hujan dipastikan sungai-sungai yang melintasi wilayah Tretes meluap karena tidak mampu menampung debit air hujan.

Jika kemarau, warga juga kekurangan pasokan air bersih, sehingga warga terpaksa membeli air dari pemasok air meskipun hanya untuk kebutuhan makan dan minum.

Untuk beberapa waktu jalanan utama di kawasan wisata puncak Tretes karena warga memblokir jalan dengan memarkir ratusan sepeda motor dan sejumlah kendaraan memenuhi jalan raya.

Ratusan sepeda motor dan sejumlah kendaraan lainnya diparkir di tengah jalan tepat di depan lokasi proyek.

Rencananya pembangunan taman wisata alam oleh PT Surya Inti ini dibangun di tanah milik Perhutani seluas 10 hektar dengan cara sewa lahan. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...