Minggu, 15 Mei 2011

29 Investor Berebut Proyek Umbulan


PASURUAN – Sebanyak 29 perusahaan, baik dari dalam dan luar negeri berebut untuk mengelola Sumber Mata Air Umbulan di Kec Winongan, Kab Pasuruan.

Namun, investor tersebut dituntut untuk dapat memenuhi keinginan dan tuntutan warga di 5 daerah Jawa Timur, terutama pada penentuan batas harga jual.

Jika harga yang ditawarkan nanti memberatkan warga di 5 daerah di Jatim, yang bakal memanfaatkan air tersebut, dipastikan tidak akan mendapatkan hak pengerjaan dan pengelolaan mata air Umbulan.

Bahkan warga sekitar mata air Umbulan beberapa waktu lalu, menuntut kepada investor yang nanti sebagai pengelola dapat memberikan air secara gratis.

Hingga saat ini, secara teknis proyek Sumber Air Umbulan ini baru memasuki tahap kedua yakni anwijzing, untuk menentukan investor yang bakal mengerjakan dan mengelola pemanfaatannya.

“Syarat terpenting investor harus menawarkan harga jual yang sesuai dengan kemampuan masyarakat,” jelas Syaifullah Yusuf, Wagub Jatim seusai menghadiri haul Mbah Sayyid Arif, Segoro Puro, Kec Rejoso, Kab Pasuruan. Sabtu (14/5).

Dijelaskan lebih lanjut, selain masyarakat diharapkan mendapat nilai lebih, bahwa daerah yang memiliki wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Pasuruan, tetap akan mendapatkan kontribusi berupa pendapatan asli daerah (PAD) dari pemanfaatan sumber mata air umbulan yang rencananya disalurkan kepada 2 juta keluarga di Jatim tersebut.

Hal itu sekaligus menjawab surat yang disampaikan Pemkab Pasuruan ke Pemprov Jatim, bulan lalu, terkait pembagian hasil yang akan diperolah pemerintah daerah setempat.

Sumber Air Umbulan bakal segera digarap dengan dana mencapai Rp 1,7 trilyun untuk dimanfaatkan 5 daerah di Jatim.

Masing-masing untuk wilayah Kab Pasuruan dipasok air sebesar 420 liter perdetik; Kota Pasuruan sebanyak 110 liter perdetik; Kab Sidoarjo dipasok 1.370 liter perdetik; Surabaya dan Gresik sebesar 1.000 liter perdetik. Ditambah kawasan industri PIER Pasuruan mendapatkan pasokan air 100 liter perdetik.

Total alokasi penyaluran air untuk 5 daerah dan PIER dari Umbulan sebanyak 4.000 liter perdetik dari kapasitas 5.000 liter perdetik debit air yang dikeluarkan. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...