Selasa, 18 Oktober 2011

Waktu Kunjungan Diperketat, Penghuni Lapas Bentrok


PASURUAN – Gara-gara waktu kunjungan diperketat, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-B Pasuruan, terlibat bentrok. Selasa (18/10).

Satu orang narapidana bernama Jumanto, terluka dan harus dirawat di Unit Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit R Soedarsono.

Mata sebelah kanan napi kasus korupsi ini lebam serta kepala bagian atas terlihat dibalut perban karena pukulan benda tumpul.

Menurut Jumanto, kejadian berlangsung cepat. Saat itu, ia hanya mencoba menghentikan bentrokan puluhan penghuni di salah satu ruangan tahanan tersebut.

Namun, penghuni lapas yang beringas tersebut tidak dapat dihentikan malah memukuli Jumanto.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, bentrokan terjadi karena adanya kecurigaan sejumlah penghuni kepada salah seorang tahanan bernama Azis, yang sebelumnya memberikan laporan adanya praktik pungutan liar (pungli) di dalam Lapas, yang ditujukan kepada Kementerian Hukum dan Ham.

Sehingga buntut dari laporan pungli oleh Azis itu, dianggap merugikan penghuni, karena berakibat pada pengetatan waktu kunjungan di dalam lapas.

Sebelumnya Lapas memberikan sejumlah kelonggaran waktu berkunjung. Diceritakan selama ini waktu kunjungan diberlakukan lebih dari 15 menit, dengan jumlah pengunjung untuk menjenguk napi dan tahanan, diperbolehkan lebih dari dua orang.

Selain Jumanto, tahanan bernama Azis diperkirakan juga menderita luka ringan karena terkena pukulan di sejumlah bagian tubuhnya.

Sementara itu, pihak lapas menyatakan jika tawuran terjadi hanya kesalahpahaman antar penghuni, dan saat ini suasana dalam lapas sudah kembali normal.

Pihaknya tidak memungkiri jika bentrokan terjadi dipicu adanya pengetatan waktu kunjungan dalam lapas.

“Hanya isu dan salah paham kok, semua sudah dapat dikendalikan,” ujar Acep Fakhruddin, Kepala Lapas Pasuruan.

Hingga berita ini disusun, pihak lapas dan sejumlah kepolisian dari Resor Kota Pasuruan masih melakukan penjagaan di sekitar lapas untuk mengantisipasi bentrokan tidak terjadi kembali. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...