Rabu, 12 Oktober 2011

Proyek Trotoar & Drainase "Akal-Akalan"

PASURUAN – Proyek trotoar dan drainase di sepanjang jalan wilayah Kota Pasuruan, diduga hanya dijadikan langganan dan ajang mencari duit. Selain itu, nilai proyek juga di luar batas kewajaran, sehingga dianggap oleh sebagian pihak sebagai proyek akal-akalan.

Lukman Hakim, anggota Komisi III DPRD Kota Pasuruan, bahkan menghitung jumlah kegiatan proyek perbaikan trotoar kali ini sudah memasuki tahun ketiga.

Tiap tahun nilai proyek khusus ini sangat fantastis. Jika tahun sebelumnya hanya berkisar Rp 2 Milyar hingga 3 Milyar, tapi tahun berikutnya naik sampai Rp 7 Milyar.

Bahkan tahun ini nilai proyeknya semakin menggila. Untuk 27 titik drainase dan trotoar APBD Pemkot Pasuruan tersedot hingga Rp 13 Milyar.

“Untuk rakyat, kami sangat mendukung. Tapi ingat, uang ini uang rakyat. Jangan rakyat dibodohi,” kata Lukman Hakim, anggota Komisi III DPRD Kota Pasuruan. Senin (12/10)

Lukim, sapaan akrab Lukman Hakim beralasan, sengaja menyoroti perbaikan trotoar dan drainase semenjak tahun lalu. Pasalnya, anggaran yang dialokasikan terkesan terlampau besar.

Dicontohkan, anggaran proyek di titik Jl Belitung dan Jl Sumatra di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Purworejo, nilai proyeknya mencapai hampir Rp 2 Milyar. Nilai tersebut oleh Lukim yang juga ketua Partai Hanura Kota Pasuruan ini dianggap tidak wajar karena terlampau besar.

“Benar, masak satu proyek saja nilainya sampai ratusan juta. Apa trotoarnya dipasang besi lalu dilapisi emas 24 karat,” kata Lukim sedikit emosi.

Pria bertubuh gempal ini inipun meminta BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), untuk fokus melakukan audit dan pemeriksaan proyek tersebut, dengan terjun langsung ke lapangan, agar tidak asal menerima laporan saja.

Dari evaluasi yang dilakukan, Lukim mengungkapkan bahwa terdapat proyek perbaikan trotoar dan drainase tahun lalu yang menyalahi aturan.

Salah satunya adalah proyek trotoar dan drainase yang ada di sekitar Taman Kota yang diduga menyalahi bestek, karena kondisi trotoar sudah rusak. Ironisnya, oleh rekanan, trotoar rusak dibiarkan begitu saja, sehingga Pemkot kelabakan harus melakukan perbaikan.

Sampai saat ini Lukim tidak mengetahui kenapa Pemkot tidak melakukan teguran atau meminta pertanggung jawaban rekanan nakal itu. Karena trotoar Taman Kota waktu itu mengakibatkan banjir saat terjadi hujan.

Lukim pun menduga, jika selama ini proses lelang proyek tidak sesuai dengan aturan dan adanya rekayasa yang dilakukan oknum panitia lelang, sehingga proyek dimenangkan oleh rekanan-rekanan yang dekat dengan Walikota Pasuruan.

Hal itu diungkapkan lantaran diketahui antara rekanan satu dengan lainnya yang memenangkan proyek trotoar, masih ada hubungan famili.

“Ini tidak fair. Kami minta pemkot untuk melakukan lelang terbuka sesuai atuaran,” tegas Lukim.

Sementara itu, Ir. Eko Juni Saroyo, Kepala Dinas PU Bina Marga Pemkot Pasuruan, melalui sambungan selularnya, mengungkapkan jika perbaikan drainase ini dilakukan untuk persiapan dini memasuki musim penghujan nanti.

Dengan perbaikan trotoar dan drainase genangan air yang terjadi di hampir seluruh kota bisa teratasi.

Fokus perbaikan dilakukan di kawasan yang selama ini jadi langganan genangan air setiap kali terjadi hujan.

Sebelumnya perbaikan sudah dilakukan di sebagian kawasan Kota Pasuruan bagian barat.

“Kalau tidak salah, sekarang yang sudah dikerjakan mencapai Rp 9 Milyar. Ini untuk proyek drainase dan trotoar,” jelas Ir. Eko Juni Saroyo.

Untuk tahun anggaran ini, perbaikan diarahkan ke wilayah bagian timur kota , sehingga diharapkan sudah tidak ada lagi genangan air yang mengganggu kenyamanan warga.

Proyek perbaikan trotoar dan drainase tahun ini terdapat 27 titik yang terinci sebanyak 8 proyek berada di Kecamatan Gadingrejo; 15 proyek di Kecamatan Purworejo; dan 4 proyek di Kecamatan Bugul Kidul.

Jumlah kesuluruhan 27 proyek tersebut mencapai lebih Rp 13 Milyar. Selanjutnya dari nilai tersebut dipecah-pecah antara Rp 200 jutaan sampai Rp 927 jutaan.

“Desember proyek ini harus diselesaikan oleh para rekanan,” kata Eko Juni Saroyo. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...