Senin, 24 Oktober 2011

PT Winaros Mobilisir Buruh?


PASURUAN – Pihak manajemen PT Winaros Kawula Bahari (PT WKB), sepertinya membuat permasalahan baru. Pasalnya, setelah tidak mampu mengontrol aksi buruh yang menuntut hak dengan memblokir pintu gerbang pabrik, kali ini malah melakukan mobilisasi kepada ratusan buruh lainnya ke Mapolres Pasuruan menuntut agar aksi blokir segera dibubarkan. Senin (24/10).

Sejumlah buruh yang kontra terhadap aksi blokir pabrik tersebut, mengungkapkan bahwa aksi blokade buruh temannya itu mengakibatkan buruh yang masih aktif tidak dapat bekerja karena aktifitas produksi terhenti.

Dijelaskan dalam dua minggu terakhir ini, setidaknya produk udang yang gagal diekspor PT WKB sekitar delapan kontainer.

"Kita ini cuman minta pintu gerbangnya dibuka, agar bahan baku bisa masuk," kata Jamroni, salah satu buruh kontra aksi blokir pabrik.

Kabag Ops Polres Pasuruan Kompol Jajak Herawan menuturkan, jika polisi tidak bisa berbuat banyak, karena kasus ini masih dalam konflik perburuhan antara buruh dengan majikan, yang masih dalam penanganan Disnaker.

"Mereka hanya menanyakan kejelasan penyelesaiannya. Lah itu kan yang berwenang Disnaker," kata Jajak Herawan.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kab Pasuruan, Yoyok Heri Sucipto, tidak memberikan tanggapannya saat disinggung bahwa aksi lurug oleh buruh yang kontra terhadap aksi Blokir ke Mapolres ini berdampak terjadinya konflik horizontal antar sesama buruh.

Saat ini ditegaskan, Disnaker tengah menyusun surat peringatan yang ditujukan ke PT WKB terkait sikap manajemen yang membuat buruh melakukan aksi blokir pabrik.

“Jika selama tiga hari Winaros (PT WKB) tidak mengindahkan peringatan kami, maka akan buat nota kejadian untuk melakukan penyidikan langsung, terkait kemungkinan pelanggaran yang dilakukan perusahaan,” ujar Yoyok.

Sekedar diketahui, sekitar 150 buruh pabrik PT Winaros Kawula Bahari sejak dua minggu lalu memblokir pintu gerbang utama pabrik.

Mereka melakukan aksi blokir, lantaran sebelumnya pihak manajemen tanpa alasan yang jelas tiba-tiba tidak memperbolehkan masuk ke dalam pabrik untuk berkerja.

Saat itu, sekitar 150 buruh menolak melakukan tanda tangan terkait desakan manajemen yang ingin melakukan reposisi status dari karyawan tetap menjadi karyawan dengan status kontrak. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...