Senin, 03 Oktober 2011

Razia Lapas, Temukan Puluhan Logam Tajam Berbahaya



PASURUAN – Kepolisian Resor Kota Pasuruan, berhasil menyita puluhan benda logam tajam dan berbahaya, saat melakukan razia mendadak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasuruan, Kelas II-B. Senin (3/10).

Satu kompi petugas yang menggeledah ruang dalam Lapas itu menemukan puluhan benda terbuat dari logam tajam berbahaya, seperti pisau kecil, gunting; maupun benda logam lainnya diantaranya alat perlengkapan memasak berupa panci dan wajan.

Benda-benda berbahaya yang sengaja disimpan napi dalam ruang teralis Lapas tersebut selanjutnya, disita oleh polisi untuk dimusnahkan.

Kompol Husein Abubakar Assegaf, Wakapolresta Pasuruan menyatakan bahwa alasan razia ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tindak kejahatan terselubung yang dilakukan oleh para napi dan tahanan di dalam Lapas.

“Ini dilakukan demi keamanan penghuni dan petugas Lapas, agar kondusif,” ujar kompol husein abubakar assegaf, Wakapolresta Pasuruan.

Sementara itu, Kepala Lapas, Acep Fachrudin, hanya menanggapi biasa mengenai temuan benda-benda tajam berbahaya dalam ruang tahanan Lapas yang dipimpinnya.

Meskipun mengakui terdapat larangan menyimpan logam berbahaya dalam tahanan, pihaknya hanya melakukan pencatatan dan memberikan teguran secara lisan kepada para napi yang saat itu terbukti menyimpan benda logam berbahaya.

“Hasilnya tadi (logam tajam) berasal dari mana, nanti kita buat berita acaranya. Mungkin saja mereka menyimpan alat tajam itu untuk memotong roti atau lainnya,” kata Acep.

Lebih jauh Acep menjelaskan bahwa dengan razia ini, pihaknya berharap agar anggapan bahwa Lapas sarang kelompok pengendali jaringan narkoba atau teroris.

Selain menyita logam tajam berbahaya, polisi juga mengamankan sejumlah barang berupa bubuk yang disimpan dalam bungkus plastik, yang selanjutnya dibawa ke laboratorium untuk diteliliti. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...