Minggu, 30 Oktober 2011

Apresiasi Lingkungan, Gelar Karnaval Di Sungai


PASURUAN – Gelaran karnaval lumrahnya dilakukan di sebuah jalan raya, namun pelajar SMAN 1 Kejayan, Kab Pasuruan, memiliki ide kreatif dengan menggelar karnaval, di atas Sungai Camplong, Kejayan. Minggu (30/10).

Di atas sungai itu, puluhan pelajar berkreasi menghias diri bak para Raja dan Permaisuri, dengan menggunakan rakit bambu sebagai singgasananya, didorong oleh teman-temannya yang lain sepanjang 500 meter.

Rakit-rakit tersebut dibuat dari berbagai bahan sederhana, mulai bambu, galon air mineral, bekas ban mobil bahkan drum. Sebanyak 44 rakit mengikuti Karnaval dan setiap rakitnya terdiri dari 4 siswa perancang rakit dari kelas 10, satu grup musik dari kelas 11 dan 2 peraga busana dari kelas 12.

Meskipun terlihat canggung, karena takut terjatuh, satu persatu Raja dan Permaisuri dadakan tersebut, bergaya meluncur di atas rakit mengikuti aliran sungai.

Beragam busana kontemporer unik berlatar belakang budaya dan lingkungan, seperti bentuk kupu-kupu maupun rangkaian bunga, menyemarakkan gelaran bertajuk Carnival On The River ini.

“Busana yang saya kenakan ini busana Nyi Roro Kidul. Untuk biayanya patungan satu grup,” ujar Firly Dwi Putri, Siswi kelas 12 SMAN Kejayan.

Karnaval langka inipun menyedot perhatian masyarakat sekitar maupun pengguna jalan jurusan Pasuruan-Malang yang melintas. Bahkan puluhan turis mancanegara yang berkendara bus, mendapat ‘bonus hiburan’ dan mengabadikannya karena River Carnival dianggap menarik.

“Sayangnya rombongan turis tersebut terburu-buru,” kata Edi Santoso, Ketua Panitia yang juga guru kesenian SMAN Kejayan.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kejayan Pasuruan, Ahmad Zainul, menuturkan, bahwa ajang karnaval sungai ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi terhadap lingkungan, khususnya pentingnya fungsi sungai, sekaligus sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan di luar sekolah.

Sedianya gelaran ini akan rutin digelar sebagai satu rangkaian mata pelajaran sekolah, terkait pengenalan dan pemanfaatan lingkungan. tj

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...