Senin, 26 September 2011

Antisipasi Teror, Kos-kosan Bakal Dirazia


PASURUAN – Untuk mengantisipasi dan mencegah merambatnya aksi teror pasca peristiwa bom Solo, upaya di Kab dan Kota Pasuruan, bukan hanya sebatas razia kendaraan dengan mengawasi gereja, warnet, tempat hiburan semata. Bahkan tempat kos-kasanpun juga bakal dijadikan konsentrasi razia.
“Kos-kosan, penginapan juga akan dirazia. Selain itu, tamu wajib lapor juga diaktifkan kembali untuk mengefektifkan peran RT-RT. Kalau patroli akan dilakukan bareng antara Polisi dan TNI,” tandas Kombes Wied Handono, Waka Polres Pasuruan saat bersilaturahmi dengan MUI, FKUB dan tokoh masyarakat di Makodim 0819 Pasuruan, Senin (26/9).
Pertemuan Muspida Kab/Kota Pasuruan bersama para tokoh lintas agama dan masyarakat ini kondusifitas digelar agar tetap terjaga pasca terror bom di sebuah gereja di Solo, Jateng.
“Untuk gereja-gereja, kami harapkan memobilisasi warganya untuk tetap waspada dan memantau semua perkembangan yang terjadi. Jika ada orang baru masuk, harus dapat terpantau dengan jelas,” Ignatius Suyadi, dari Gereja Katholik Antonius Padova, Kota Pasuruan mengingatkan.
Dari MUI Kab Pasuruan, KH Nurul Huda menyampaikan agar warga di desa-desa juga memantau para pendatang baru.
Pasalnya, kemungkinan banyak pengikut berbagai aliran yang datang itu, sehingga keberadaanya patut diwaspadai.
“Pendatang baru dengan aliran yang aneh-aneh ini biasanya membuat warga resah dan harus segera ditanggapi semua pihak terkait,” ujar KH Nurul Huda.
Sementara Dandim 0819 Pasuruan, letkol (Kav) Edi Sutjipto, menyampaikan jika pihaknya sudah memberikan komando kepada semua perangkat TNI di bawahnya, mulai Danramil hingga babinsa di desa-desa, untuk segera berpatroli bareng bersama Polri dan tokoh masyarakat.
“Terpenting juga dari warga sendiri untuk segera bertindak dengan melaporkan jika diketahui ada orang yang dicurigai masuk. SMS maupun isu-isu yang dapat terjadi, dan meresahkan warga, dengan kebersamaan, dapat deteksi dini,” tandasnya. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...