Kamis, 18 Agustus 2011

Arteri Gempol-Porong Dipastikan Selesai H-7


PASURUAN – Kemacetan di jalur lalu lintas wilayah Gempol – Porong, menjelang arus mudik lebaran mendatang masih diperkirakan akan berkurang.

Pasalnya, proses pengerjaan jalan arteri pengganti tol via Kejapanan, yang menghubungkan Sidoarjo – Pasuruan, saat ini tengah dikebut pengerjaannya. Diperkirakan proses pembangunan jalan arteri ini akan selesai H-7 lebaran nanti.

Pembangunan kontruksi jalan arteri, dilakukan dengan cara pengecoran jalan dan pengerasan pondasi, dan hingga saat ini proses pembangunannya sudah pada tahap pemasangan jembatan sementara (bailey) di jalur arteri sepanjang 4,6 KM tersebut.

“Jalan ini hanya dapat dilalui untuk Roda dua dan kendaraan pribadi roda empat saja,” ujar Kapolres Pasuruan, AKBP Agung Yudha Wibowo, saat sidak bersama sejumlah pejabat di lokasi.

Dibangunnya jalur arteri ini diharapkan kemacetan di jalur Porong – Gempol saat mudik lebaran nanti dapat dikurangi hingga 40 persen.

Selain itu pada saat arus mudik mendatang, ruas jalan di jalur Pantura dipastikan bebas dari kemacetan. Sejumlah perbaikan jalan yang saat ini dalam proses pengerjaan, dipastikan selesai sebelum arus mudik lebaran berlangsung.

"Kita menyadari ada beberapa titik-titik rawan kemacetan. Namun kami akan mengantisipasi kemacetan tersebut," tambah Kapolres Agung Yudha Wibowo.

Sementara pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol penghubung Sidoarjo – Pasuruan hingga kini masih belum selesai.

Dari informasi diketahui bahwa terdapat 18 petak tanah yang belum dapat dibebaskan. Petak tanah yang semula berstatus kelas tanah sawah, oleh pemiliknya dianggap sebagai tanah kavling (kering). Sehingga harga jualnya menjadi lebih mahal, dari sebelumnya Rp112.000/meter persegi meningkat menjadi Rp210.000/meter persegi. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...