Senin, 10 Januari 2011

Senam Aquarobic, Pengganti Aerobic?

Sejumlah Ibu-ibu sekitar wilayah Pandaan, saat senam Aquarobic

PASURUAN – Senam dalam air (aquarobic) bisa menjadi alternatif bagi mereka, para profesional yang selama ini berolah raga senam aerobic, terlebih lagi kepada para ibu-ibu rumah tangga.

Selain menyenangkan dan lebih segar, senam aquarobic relatif lebih aman dilakukan lantaran dilakukan dalam kolam penuh air.

Satu-satunya sanggar senam yang membuka kelas aquarobic di Pasuruan adalah Archianda Gym yang berada di Perumahan Batu Mas, Kec Pandaan.

Pengelola sanggar, Dr. Dian Ramandany, menyebutkan bahwa saat ini setidaknya ada 15 ibu-ibu mengikuti aquarobic secara rutin.

Dikatakan, aquarobic memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, sehingga sangat tepat untuk terapi bagi mereka yang mempunyai tulang bermasalah.

Gerakan senam aquarobic secara umum tidak jauh berbeda dengan gerakan aerobic, namun gerakan aquarobic jauh lebih baik dan lembut karena dilakukan di dalam air sehingga resiko kecelakaan seperti terkilir saat bergerak seperti meloncat atau menggunakan beban, dapat dihindari.

“Gerakannya menjadi lembut dengan kondisi terapung, karena tertahan berat jenis dalam air,” terang Dian Ramadany. Minggu (9/1).

Bahkan, gerakan-gerakan aquarobic ditegaskan lebih membakar kalori tubuh, jika dibandingkan dengan bersenam aerobic di darat.

Sejumlah ibu yang sebelumnya bermasalaah dengan tulang akibat terjatuh atau cedera tulang lainnya, kondisinya sudah mulai membaik dan menjadi sembuh, setelah secara rutin mengikuti senam aquarobic di tempat ini.

Barangkali daripada hanya sekedar bermain air dalam kolam tanpa gerakan yang jelas, mungkin aquarobic menjadi salah satu pilihan sarana bermain dan olah raga yang lebih produktif untuk dicoba. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...