Rabu, 26 Januari 2011

Cari Kesembuhan, Tewas Di Gunung Arjuno


PASURUAN – Seorang pendaki asal Indramayu, Jawa Barat, diketahui tewas dalam perjalanan menuju puncak Gunung Arjuno, Kabupaten Pasuruan. Diduga korban tewas karena menderita sakit. Rabu (26/1).

Pendaki naas tersebut bernama Kasan Bin Midin (52), asal Kelurahan Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat.

Korban tewas dalam perjalanan menuju puncak gunung arjuno, pada selasa (25/1) sekitar pukul 11.00 WIB siang.

Sehari sebelumnya korban memulai perjalanan, dipandu oleh seorang bernama Mbah Lasuwi (83), warga di sekitar kaki Gunung Arjuno, Dusun Tambak Watu, Desa Tambak Sari, Kecamatan Purwodadi.

Menurut Mbah Lasuwi, korban melakukan pendakian ke puncak Gunung Arjuno hendak pergi melakukan ritual di Candi Sepilar, untuk proses ‘laku’ penyembuhan penyakit stroke dan hipertensi yang diderita selama ini.

Di tengah perjalanan, di wilayah Rah Tawu, Tampuwono, keduanya sempat bermalam di Candi Eyang Abiyoso.

“Setelah itu, pagi harinya saya sempat membuatkan mie instan dan teh untuk sarapan Pak Kasan,” ujar Mbah Lasuwi.

Menjelang siang hari, Mbah Lasuwi memperingatkan korban untuk tidak meneruskan pendakian dan membatalkan niat karena kondisi kesehatannya menurun, pusing kepala.

Namun, korban tetap memaksakan diri mengikuti Mbah Lasuwi untuk pergi menuju puncak Gunung.

Tidak lama kemudian, di seputar wilayah Alastengah, sekitar 7 kilometer dari Dusun Tambakwatu, Kasan tiba-tiba terhuyung jatuh dan tidak dapat lagi diselamatkan.

Warga kemudian mengevakuasi jasad korban ke Dusun Tambakwatu dan disemayamkan di rumah Supaat (42), juru kunci Gunung Arjuno.

Keluarga Kasan saat dihubungi warga meminta jasad korban tidak dibawa ke rumah sakit, karena telah lama mengetahui Kasan mengidap penyakit stroke dan hipertensi.

Kapolsek Purwodadi AKP I Nengah Sudarsana saat dihubungi melalui telepon menegaskan korban tewas karena penyakit yang dideritanya kambuh.

“Kita, oleh pihak keluarga juga diminta untuk tidak melakukan otopsi, karena telah mengetahui jika Pak Kasan ini memiliki riwayat penyakit stroke dan hipertensi,” ujar AKP I Nengah, Kapolsek Purwodadi. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...