Jumat, 12 November 2010

Pemkab Pasuruan Serahkan Bantuan Bencana Alam


Petugas mengangkat bantuan untuk korban bencana. 
PASURUAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Pemerintah Kabupaten Pasuruan, mengirimkan bantuan bagi korban bencana alam gunung Merapi Yogyakarta dan Jawa Tengah serta korban bencana tsunami Mentawai, Sumatera Barat. Jum’at (12/11).

Bantuan tersebut berupa uang dan berbagai barang kebutuhan korban bencana, yang dihimpun dari sumbangan berbagai kelompok masyarakat beserta seluruh karyawan Pemkab Pasuruan dalam beberapa waktu terakhir.

Jumlah uang sumbangan yang tercatat di Bakesbanglinmas Kab Pasuruan yakni sebesar Rp 62.115.500,-.

Muhammad Yahya, Kepala Bakesbanglinmas Kab Pasuruan, menuturkan bahwa, dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 7.746.000,- yang dihimpun OSIS se-Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu telah disumbangkan secara langsung ke rekening salah satu TV swasta nasional.

“Perwakilan OSIS cuma melaporkan dan mencatatkan jumlah sumbangannya kepada kami,” terang Muhammad Yahya, Kepala Bakesbanglinmas Kab Pasuruan.

Uang sumbangan yang terkumpul itu akan ditransfer melalui rekening Badan Penanggulan Bencana (BPB) Pemprop Jatim, untuk selanjutnya dibagi secara merata kepada korban bencana alam gunung Merapi Yogyakarta dan Jawa Tengah maupun korban bencana tsunami Mentawai, Sumatera Barat.

Sementara, barang-barang berbentuk sembako ataupun makanan dan minuman instan, pakaian serta selimut hingga kebutuhan kebersihan tubuh lengkap seperti pembalut wanita terkumpul di kantor Bakesbanglinmas sebanyak satu truk dan satu pickup.

Seluruh bantuan barang kebutuhan korban bencana tersebut, dipastikan akan diserahkan sepenuhnya ke posko BPB Pemprop Jatim di yogyakarta, agar dapat disalurkan kepada para korban bencana gunung Merapi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Biar lebih efektif, bantuan barang kita berikan langsung kepada korban Merapi, karena kita tidak bakalan menjangkau jika harus diberikan kepada korban tsunami Mentawai,” lanjut Muhammad Yahya.

Kepada kelompok masyarakat yang saat ini tengah mengumpulkan bantuan bencana alam dihimbau agar menghimpun sumbangannya menjadi satu kepada pemerintah agar penyalurannya lebih terpadu. tj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah memberikan komentar pada tulisan ini...